Biografi Seto Mulyadi (Kak Seto)

Seto Mulyadi adalah seorang psikolog anak, pembawa acara program anak dan pemerhati masalah anak-anak. Bahkan akibat ‘kepiawaiannya’, pria yang akrab dipanggil Kak Seto ini, dipercaya untuk kali kedua sebagai Sekjen Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Selain itu kiprahnya di dunia pendidikan dan perlindungan hak anak membuat Kak Seto makin diakui di tingkat nasional dan internasional lewat berbagai penghargaan yang diterimanya, di antaranya dari Sekjen PBB Javier Perez berupa penghargaan “Peace Messenger Award”, New York, pada 1987, dan Orang Muda Berkarya tingkat Dunia, di Amsterdam pada 1987.

kak-seto

Biografi Seto Mulyadi (Kak Seto) dari Biografi Web

Kak Seto di lahir di Klaten, 28 Agustus 1951. Pernikahannya dengan Deviana menghasilkan empat anak yakni Eka Putri, Bimo, Shelomita, dan Nindya Putri. Ia memiliki saudara kembar bernama Kresno Mulyadi (Kak Kresno) yang juga seorang psikolog anak dan juga memiliki kakak Maruf Mulyadi.

Pria yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Komnas Anak itu menyelesaikan pendidikan Sarjana Psikologi UI pada 1981, Pendidikan S-2 Bidang Psikologi Program Pascasarjana UI pada 1989, dan meraih gelar Doktor bidang Psikologi Program Pascasarjana UI pada 1993.

Adanya jabatan di Komnas PA itu membuat pria penerima Men’s Obsession Award 2006 itu menjadi sasaran pengaduan bagi mereka yang menghadapi persoalan anak. Termasuk kasus ‘rebutan’ anak yang banyak dialami oleh para selebritis yang mengalami perceraian. Terhitung mereka adalah Tamara Bleszynki, Zarima, Five V dan lain sebagainya.

Kak Seto yang pernah menjadi pembawa acara televisi program anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro itu, sering mengungkapkan keprihatinan kondisi anak di Indonesia. Terutama mereka yang menjadi korban kekerasan dan terpaksa tidak bisa menjalani perkembangan secara normal.

Kak Seto Bangun Tujuh Trauma Center di Padang

Psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi, yang akrab dipanggil Kak Seto akhirnya membangun Trauma Center Pondok Ceria di kota Padang, Sumatera Barat, pada tujuh titik untuk memberikan pencerahan pada anak-anak pasca gempa berkekuatan 7,6 SR yang sebelumnya mengguncang kota itu.
“Pencerahan pada anak-anak pasca gempa perlu dilakukan lebih cepat agar anak bisa pulih dari traumanya dan kembali bisa belajar dengan baik,” kata Kak Seto ketika menghibur sekitar 70-an anak di SD 01 Sawahan Kecamatan Padang Timur, kota Padang.

Kota Padang merupakan salah satu kota terparah diguncang gempa berkekuatan 7,6 SR pada 30 September 2009 pukul 17.18 WIB. Sumber gempa di lokasi 0,84 Lintang Selatan dan 99,65 Bujur Timur. Kedalaman gempa 57,5 km barat daya kota Pariaman, dan 52,5 km barat laut kota Padang.
Menurut Kak Seto yang juga berasal dari Komnas Perlindungan Anak, Trauma Center Pondok Ceria itu akan dibangun di dua SD, dua panti dan lainnya juga di Pariaman.

Untuk mendukung pemulihan trauma anak, mereka diajak bermain mengekspresikan perasaannya dengan bernyanyi keras. Kegiatan tersebut, katanya lagi, diyakini akan berfungsi memberikan terapi pada anak, meledakkan emosinya yang dibalut dengan aneka permainan.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Seto_Mulyadi

5 Responses

  1. Okta Vionita says:

    Maaf sebelumnya pak tolong bantu saya , nama saya okta vionita saya tinggal di palembang , saya mau minta tolong pak tolong lindungi adik saya yang ikut sama bapak saya dan mereka tinggal di jakarta , bapak saya selalu kasar sama adik saya pak saya kasian tolong pak kalau bisa tolong adik saya biar tinggal sama saya saja kalau saya yang ngomong sendiri bapak saya suka marah2 bahkan suka bertindak kasar.
    terima kasih banyak pak tolong di respon laporan saya ,

    • yuan says:

      mbak okta yg baik.
      maaf sblumnya, klo boleh saya sarankan, percuma saja klo mbak mlaporkanx d catatan ini, karna kecil sekali kemungkinan bhkan nggak akan mgkin kak seto yg baca laporanx mbak, mending mbak lgsg aja k komnasham (komnas PA)
      spya lgsg d tanggapi.

      bagaimana dengan keluarga besar mbak, mbak prnh harring k mereka belum, kra ini lebih ke masalah internal keluarga,mbak mgkin bs sharring k tetua/ kluarga yg bisa d percaya, jadi lebih efektif dan efisien kalo keluarga mbak yg menyelesaikan (kecuali sudah mengarah ke tindakan kriminal).

      sy berdo’a smg masalahx bs cpet slesai y…
      :)

  2. Ruri febria says:

    .ass
    .maaf sebelum.. Saya hanya ingin tau dimana alamat lengkap atw no telp kantor komnas ham yg ada di kota padang sumatra barat.
    .saya ada masalah soal anak , suami dan orang tua saya sendiri.
    .jadi saya butuh bantuan komnas ham.
    .terimakasi

  3. cinta says:

    Mat sore kk, kk kmi lg ada mslh rmh tangga trus anak2 juga ikut di bw udh 2mnggu lwt terhitung skrg. Pd hal anak2 yg di bw msh umur 4thn nd jln 3 thn. Anak2 sy tdk di ksh tinggal sm sy. Sy selaku ibu yg mlhrkan sampe 2org anak justru tdk trima di prlakukan spt itu. Kk suami sy polisi jd dia pinter bicara sesuka hati nya. Krn klu polisi tdk prnh mengakui kesalahannya. Gmn cara menyelesaikanny kk seto

  4. sasya says:

    Salam kenal kak seto
    Saya ibu rumah tangga , pengen sekali meminta saran ke kakak dengan hal anak saya.
    kalo bisa saya bicarakan via phone atau bisa konsultasi kek kakak saya mohon diberikan alamat / no telp nya
    terima kasih

Leave a Reply