Mbah Sumadi Tinggal Bersama Tikus Liar

Mbah Sumadi adalah seorang pria tua miskin yang tinggal bersama ratusan tikus. Beliau tinggal di sebuah gubuk reot di pinggiran Desa Waru, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Pria penderita kelumpuhan itu, hanya tinggal seorang diri dalam gubuk reotnya.

mbah-sumadi-tikus

Diusia yang sudah memasuki kepala sembilan, Mbah Sumadi terpaksa menghabiskan hari-hari tuanya hidup bersama ratusan ekor tikus liar yang keluar masuk dalam gubuknya. Dua puluh tahun sudah hal itu berlangsung.

Sakana Food Depok www.sakana.my.id

Sutiatun, salah seorang tetangga Mbah Sumiadi menuturkan, Mbah Sumadi mulai menempati gubuk reot itu sejak tidak lagi hidup bersama dua anaknya. Gubuk reot yang ditempati Mbah Sumadi merupakan gubuk milik warga setempat yang biasanya difungsikan sebagai gudang penyimpanan alat-alat pertanian. “Mbah tinggal disana sendirian, dia sudah tidak bisa apa-apa jadi ada warga yang merelakan gubuknya ditempati Mbah Sumadi,” ujar Sutiatun.

Menurut Sutiatun, selama tinggal di gubuk reot itu, Mbah Sumadi lebih banyak berdiam diri sambil memperhatikan tikus-tikus liar yang lalu lalang di hadapannya. “Gubuknya itu kan bolong-bolong dan terbuka jadi tikus mudah keluar masuk gubuk,” paparnya.

Penderitaan Mbah Sumadi tidak cukup hanya sampai disitu, setiap hari untuk memenuhi kebutuhan makanan. Mbah Sumadi hanya berharap dari bantuan dan kerelaan warga setempat. Namun tak jarang Mbah Sumadi tidak mendapat makanan sama sekali selama beberapa hari. “Warga disini memanggilnya Mbak Bincok alias orang yang hanya berharap dikasih makan. Tapi warga ikhlas membantu karena kasihan,” ungkap Sutiatun.

Kini hanya tuhan dan waktulah yang dapat melepaskan Mbah Sumadi dari penderitaannya itu. Karena sejak 20 tahun lalu, tidak seorang pun wakil rakyat baik dari pemerintah daerah setempat ataupun pemerintah pusat yang peduli dengan nasib Mbah Sumadi.

Masih ingatkah pemerintah kita dengan UUD 45 pasal 34 yang berbunyi : “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.”? jangan cuma bisa bilang, “Saya Prihatin…”.

Dapatkan Update Rumus dan Soal Terbaru Dari Blog ini! Dengan memasukkan alamat email Anda di bawah ini, maka Anda akan mendapatkan update terbaru secara langsung.


rumus

Jika rumus ini bermanfaat, silakan klik Like Facebook

One thought on “Mbah Sumadi Tinggal Bersama Tikus Liar

  1. ini hanya satu dari jutaan orang yang bernasib serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>